Loading...

Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota

Masyarakat Tetap Tenang dan Waspada, Covid-19 Bisa Sembuh.

#lawancovid19

Bupati Lantik Relawan Gugus Tugas Tanggap Covid-19 Nagari Situjuah Batua

Image

Lima Puluh Kota, Diskominfo - Bupati Lima Puluh Kota, Ir. H. Irfendi Arbi, MP melantik Relawan Gugus Tugas Tanggap Covid-19  di Nagari Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Rabu (1/4/20).


Gugus tugas nagari yang dicanangkan secara simbolis pada Nagari Situjuah Batua ini merupakan salah satu upaya dalam rangka mengusung tema #bersama melawan Covid-19 di Kabupaten Lima Puluh Kota. Gugus tugas nagari ini terdiri dari 2 (dua) tim, yaitu tim gugus tugas melawan Covid-19 dan tim gugus tugas tim pembunuh Covid-19.


"Mitra dan relawan gugus tugas Covid-19 ini beranggotakan Wali Nagari, Kepala Jorong, Bamus, Babinkamtibnas, Babinsa dan masyarakat nagari" ujar Irfendi Arbi.


Dalam arahannya, Bupati Lima Puluh Kota menegaskan bahwa pencegahan Covid-19 harus dimulai dari Nagari karena akan lebih mudah memutus mata rantai penyebaran virus yang kasat mata tersebut.


"Musuh yang kita hadapi ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, namun virus tersebut dapat sampai ke nagari kita karena dibawa oleh orang-orang yang keluar masuk nagari dengan kondisi telah terpapar virus. Oleh karena itu, diharapkan peran aktif gugus tugas nagari untuk dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sehingga pandemik ini bisa cepat teratasi" ujar Irfendi Arbi.


Aksi pemantauan dan pemeriksaan orang-orang yang keluar masuk Kabupaten Lima Puluh Kota dipandang lebih efektif bila dilakukan ditingkat nagari. Pencegahan penyebaran virus corona sesuai protokol kesehatan inipun akan lebih efektif bila Gugus Tugas Nagari dapat menindaklanjuti dan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah melalui BPBD, Dinas Kesehatan atau perangkat daerah lainnya.


Bupati Irfendi Arbi juga mengajak masyarakat Nagari Situjuah Batua untuk tetap patuh dan menjalankan protokol kesehatan dari Pemerintah dalam pencegahan dan penyebaran Covid-19. 


"Mulailah dari diri sendiri untuk menjaga kesehatan. Karena dengan menjaga kesehatan diri sendiri, juga akan menjaga kesehatan keluarga bahkan kesehatan warga negara dari penyebaran Covid-19" tutup Irfendi Arbi.


Turut hadir dalam acara pencanangan ini Camat Situjuah Limo Nagari bersama Forkopimca, Kepala  BPBD, DPMD/N dan OPD terkait lainnya, Wali Nagari, Ketua Bamus, Ketua KAN dan tokoh masyarakat Nagari Situjuah Batua.